Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Mahasiswa KKN UPI Beri Pelatihan Media Digital Untuk Perangkat Desa Taringgul Tonggoh

Mahasiswa KKN UPI Beri Pelatihan Media Digital Untuk Perangkat Desa Taringgul Tonggoh

Taringgul Tonggoh - Perkembangan media digital telah berkembang sangat pesat dari berbagai aspek, mulai dari aspek sosial, teknologi, dan informasi. Saat ini hampir segala informasi ada pada media digital, dan penyebarannya sangat cepat.

Kegunaan media digital bukan hanya sebagai sumber informasi saja, melainkan dapat digunakan sebagai sarana ekonomi, promosi, dan membagikan kegiatan kegiatan yang nantinya akan dikenang.

Demikian disampaikan Adi Wijaya, mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Otomasi Industri dan Robotika, Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), mewakili mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) UPI.

Untuk diketahui mahasiswa UPI sedang melaksanakan KKN Tematik, serentak di berbagai Kabupaten di Jawa Barat. Termasuk, di Desa Taringgul Tonggoh, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta.

KKN Tematik ini dilaksanakan selama 30 hari, berlangsung dari 26 Juli 2023 hingga 26 Agustus 2023. Adapun salah satu kegiatannya berupa pelatihan pengelolaan media digital.

“Pelatihan dilakukan dengan pembelajaran berbagai media. Sasarannya, beberapa perangkat desa disesuaikan dengan jobdesk-nya. Adapun capaiannya, dapat mengelola media digital secara mandiri,” ujar Adi.

Melalui pelatihan media digital ini ada beberapa aspek yang disampaikan. Di antaranya, pembuatan desain poster dan postingan menggunakan Canva.

“Pemanfaatan Canva sebagai sarana pembuatan desain cukup mudah dipelajari. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk penyebaran informasi di media digital yang cepat,” ucap Adi.

Materi lainnya adalah pengelolaan web desa (WebDesaku), dan pembuatan video dokumenter kegiatan dengan aplikasi Filmora. “Web Desa juga dikelola sebagai sarana informasi yang bersifat struktural. Segala informasi terkait Desa Taringgul Tonggoh dapat di akses di web,” katanya.

Komentar

Sri Wahyuni
Sabtu, 19 Agustus 2023 07:31

Keren mas adii?

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *