Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

INOVATIV DAN PENUH PRESTASI! Inilah Sosok Kepala Desa Taringgul Tonggoh, LAYAK VIRAL

INOVATIV DAN PENUH PRESTASI! Inilah Sosok Kepala Desa Taringgul Tonggoh, LAYAK VIRAL

TARINGGUL TONGGOH - Eep Saepul Malik, S.Pd.I, sosok Kepala Desa Teringgul Tonggoh periode 2021-2027. Pak Eep merupakan warga asli Desa Taringgul Tonggoh yang mengenyam pendidikan terakhir di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD)Bandung. Selama 2 tahun masa jabatannya hingga berita ini dibuat pada September 2023, segudang prestasi sudah dihasilkan oleh kepala desa yang akrab di sapa Pak Eep bagi desa maupun pribadi. Prestasi-prestasi yang diraih tak lepas dari hasil pikirannya yang inovatif dalam membangun desa baik dalam segi pembangunan, kemasyarakatan, maupun administrasi pemerintahan. Prestasi yang beliau raih untuk Desa Taringgul Tonggoh diantaranya :

1. Juara 1 Lomba Administrasi Desa Tingkat Kabupaten Purwakarta 2023

2. Juara 3 Lomba Administrasi Desa Tingkat Provinsi Jawa Barat 2023

3. Juara 1 Lomba BUMDes Tingkat Kabupaten Purwakarta

Atas berbagai prestasi yang ia peroleh, maka Desa Taringgul Tonggoh dipercaya untuk mewakili Kabupaten Purwakarta dalam lomba Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tingkat Nasional. Saat ini pemerintah desa terus mempersiapkan hal-hal yang diperlukan sebagai ajang penilaian dalam lomba KIP Tingkat Nasional. Selain itu, atas prestasi yang diraihnya, Pak Eep juga menjadi perwakilan kepala desa di Jawa Barat untuk diberangkatkan ke China pada Bulan Oktober dalam rangka study banding. 

Selain prestasi pada perlombaan, banyak inovasi-inovasi yang diciptakan oleh Pak Eep dalam upaya meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Desa Taringgul Tonggoh. Inovasi yang beliau ciptakan diantaranya:

1,  Pengembangan wisata desa "Tenjo Laut". Proses pembangunan Tenjo Laut dimulai pada tahun 2022 dengan memanfaatkan tanah kas desa yang sebelumnya terbengkalai untuk dijadikan area camping ground. Proses pembangunan Tenjo Laut sudah berjalan sekitar 30% dengan seluruhnya menggunakan dana desa.

2. Pembuatan Kafe Desa

3. Permodalan kelompok usaha pemuda. Program ini diciptakan sebagai stimulus bagi para pemuda di Desa Taringgul Tonggoh agar lebih produktif

4. Pembuatan saluran air bersih

5, Peningkatan Swadaya masyarakat

6. Pembukaan jalan bagi usaha tani

7. Pembangunan saluran irigasi

Beragam inovasi yang diciptakan oleh Kades Taringgul Tonggoh ini merupakan upaya peningkatan pembangunan di Desa Taringgul Tonggoh. Hal ini membuktikan bahwa kebijakan yang diambil oleh Pak Eep sebagai kepala desa bukanlah hanya untuk meraih prestasi di mata pemerintah vertikal di atas tapi juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Taringgul Tonggoh. Program kerja yang seimbang antara prestasi keatas dan pelayanan terhadap masyarakat tentu menjadi hal yang harus diteladani oleh kepala desa lain maupun masyarakat. Kaum milenial harus meneladani sikap dan kinerja beliau yang dengan inovasi dan kerjanya menghasilkan prastasi bagi Desa Taringgul Tonggoh dan mampun meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Desa Taringgul Tonggoh.

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *